Thursday 15 January 2015

BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang Masalah
Komputer merupakan salah satu teknologi yang paling pesat perkembangannya. Pada saat pertama kali ditemukan, komputer digunakan terutama sebagai alat bantu untuk mempercepat proses hitung menghitung. Komputer dari generasi  ke generasi mengalami perkembangan dalam hal pengolahan data baik kapasitas maupun kecepatannya. Data yang diolah tidak hanya berupa teks atau angka, tapi kini komputer dapat mengolah gambar/grafik. Komputer yang memiliki piranti grafik untuk mengolah gambar atau grafik disebut grafik komputer.
Dewasa ini pengolahan grafis  cenderung memakai teknologi digital. Dalam teknologi ini image analog yang ditangkap kamera digital dibagi-bagi menjadi unsur-unsur gambar paling kecil lalu diubah menjadi bit dan disimpan dalam perangkat digital.
Komputer grafik pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Komputer grafik memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar-gambar, bagan-bagan dan diagram.
Istilah komputer grafik mencakup hampir semua yang ada di komputer yang bukan hanya teks atau suara. Komputer grafik dan gambar yang dihasilkan komputer menyentuh semua aspek. Grafik komputer yang dibangun dengan baik dapat menyajikan grafik statistik kompleks dalam bentuk yang lebih mudah untuk memahami dan menafsirkannya. Berbagai alat dan fasilitas yang tersedia pada komputer grafis memungkinkan pengguna dapat  memvisualisasikan data mereka dan juga komputer grafis banyak  digunakan dalam banyak disiplin ilmu.  
1.2         Rumusan Masalah
Perumusan masalah pada tugas Komputer Grafik ini yaitu:
1.        Bagaimana mensimulasikan grafis OpenGL yang didukung pemrograman Bahasa C++.
2.        Bagaimana membuat animasi Pemandangan Laut dalam bentuk 2 dimensi.

1.3         Maksud dan Tujuan
Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.        Dapat mensimulasikan grafis OpenGL yang didukung pemrograman Bahasa C++.
2.        Dapat menunjukkan bagaimana pemandangan laut dalam bentuk grafik 2 dimensi.
1.4         Batasan Masalah
Pembatasan masalah dilakukan agar penulisan tugas ini dapat memberikan pemahaman yang terarah dan sesuai dengan yang diharapkan. Agar pembahasan tidak menyimpang dari pokok perumusan masalah yang ada, maka penulis membatasi permasalahan pada :
1.      Pemrograman hanya menggunakan bahasa C++
2.      Menunjukan situasi di laut, seperti adanya kapal, pantai.
3.      Selain itu ada juga pergerakan rumput laut dan efek air dari air laut
1.5         Metodologi Penelitian
Metodologi yang digunakan dalam penulisan tugas ini:
Tahap pembuatan perangkat lunak dengan SDLC (Systems Development Life Cycle)
Metode penelitian dalam tugas ini menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) yaitu proses logis yang digunakan oleh analis sistem untuk menggambarkan sebuah sistem informasi, termasuk di dalamnya persyaratan, validasi, pelatihan dan kepemilikan. SDLC merupakan siklus pengembangan sistem. Pengembangan sistem teknik (engineering system development).
1.6         Sistematika Penelitian
Sistematika penulisan proposal penelitian ini disusun untuk memberikan gambaran umum tentang penelitian yang dijalankan. Sistematika secara umum adalah sebagai berikut :
BAB I  PENDAHULUAN
Menguraikan tentang dasar-dasar pemikiran yang berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah, metode penelitian, serta sistematika penulisan.


BAB II  TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini memaparkan tentang teori-teori yang berkaitan dengan topik dan menunjang dalam perancangan sistem yang digunakan sebagai acuan dalam pembuatan perangkat lunak.
BAB III  PEMBAHASAN
Pada bab ini dijelaskan langkah-langkah perancangan dan pembuatan animasi yang dibuat
BAB IV  KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dan saran yang sudah diperoleh dari hasil penulisan tugas.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1.       Pengertian Komputer Grafik
Komputer Grafik adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari komputer grafik adalah komputer grafik 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Komputer grafik sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari komputer grafik meliputi :
·      Geometri       : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
·      Animasi         : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
·      Rendering     : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
·      Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Dasar Matematika yang Diperlukandalam Grafik Komputer
·      Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces
·      Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products
2.2.       Primitive Object
Primitives merupakan geometri sederhana (basic) : titik (points), garis (lines), segi empat (quads), dan segitiga (triangles).
Primitif objek terdiri atas :
·      Titik, yaitu Vertex, dimana vertex merupakan acuan dasar.
·      Garis, yaitu Line/Edge
·      Bangun 2D (Face)
Fungsi Dasar Menggambar Titik
·      glVertex2i(x,y), yaitu suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa integer. Contoh glVertex2i(10,10);
·       glVertex2f(x,y), yaitu suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float. Contoh glVertex2f(10.0,10.0);
·      glVertex2d(x,y),yaitu suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa double. Contoh glVertex2d(10.0,10.0);
Berikut adalah primitive objek yang akan dipergunakan didalam pembuatan suatu objek :
·      # define GL_POINTS
Primitif objek ini dipergunakan untuk menciptakan suatu titik.
·      # define GL_LINES
Primitif objek ini adalah suatu primitive objek guna menciptakan suatu garis.
·      # define GL_LINE_LOOP
Menghubungkan garis pertama dengan garis selanjutnya dan garis terakhir terhubung dengan garis pertama
·      # define GL_LINE_STRIP
Membuat garis-garis dengan menghubungkan ujung garis sebagai titik pertama untuk garis selanjutnya.
·      # define GL_TRIANGLES
Triangle atau segitiga adalah tiga buah titik yang terhubung menjadi suatu segitiga dengan blok di tengahnya.Pada penggunaan primitive objek ini kita harus menggunakan minimal 3 buah vertex guna membentuk suatu objek.
·      # define GL_TRIANGLES_STRIP,
Pada triangles strip jumlah vertex yang dipergunakan adalah 4 buah vertex.
·      # define GL_QUADS
Quad atau segempat adalah empat buah titik yang terhubung menjadi suatu segempat dengan blok di tengahnya.
·      # define GL_QUADS_STRIP
Pada quads strip 4 buah vertex merupakan 1 kelompok.Langkah rendering pada quads strip :
a.    Nomor yang berhadap (membentuk 2 garis yang sejajar)
b.    Nomor ganjil dengan nomor ganjil dipertemukan
c.    Nomor genap dengan nomor genap dipertemukan
d.   Garis yang tersisa akan dipertemukan
·      # define GL_POLYGON
Polygon merupakan suatu fungsi yang mirip dengan polyline, tetapi menghasilkan kurva tertutup dengan blok warna (fill). Rendering yang dimiliki oleh GL_POLYGON  sama dengan GL_TRIANGLE_FAN
2.3.       Transformasi
Transformasi merupakan suatu metode untuk mengubah lokasi suatu titik pembentuk objek, sehingga objek tersebut mengalami perubahan. Perubahan objek dengan mengubah koordinat dan ukuran suatu objek disebut dengan transformasi geometri. Dalam Transformasi dasar yang akan dibahas meliputi translasi, skala, dan rotasi.
2.3.1  Translasi
Translasi berarti memindahkan objek sepanjang garis lurus dari suatu lokasi koordinat tertentu kelokasi yang lain tanpa mengubah bentuk objek. Bila suatu objek terbentuk daribeberapa titik maka bila melakukan translasi akan dikenakan terhadap setiap titikpembentuk objek tersebut.
2.3.2  Skala
Skala digunakan untuk mengubah ukuran suatu objek, bila pada translasi operasi yangdigunakan adalah penjumlahan sedangkan pada skala operasi yang digunakan adalah perkalian.
2.3.3  Rotasi
Rotasi merupakan pemutaran terhadap suatu objek, rotasi dapat dinyatakan dalam bentukmatriks. Nilai matriks untuk melakukan rotasi adalah Rotasi suatu titik terhadap pivot point (xp, yp) menggunakan bentuk trigonometri,
2.4.       Blending
Blending merupakan menggabungkan nilai intensitas warna dari sumber (source) dan tujuan (destination/object) atau mengkombinasikan warna output fragment dengan warna output fragment yang dirender sebelumnya ke frame buffer.
Source and Destination Factor :
     RGBA (Red, Green, Blue, Alpha)
Alpha digunakan untuk mengatur tingkat opacity objek.
       a = 1 à Perfectly opaque (objek terlihat jelas),
       a = 0 à Perfectly transparent (objek hilang),
       0 < a < 1 à Different levels of translucency (objek terlihat transparan)
     Blending colors
       Source color                   : (Rs, Gs, Bs, As)
       Destination color           : (Rd, Gd, Bd, Ad)
       Source factor                 : (Sr, Sg, Sb, Sa)
       Destination factor          : (Dr, Dg, Db, Da)
Blended RGBA = (RsSr+RdDr, GsSg+GdDg, BsSb+BdDb, AsSa+AdDa)
2.5.       Camera dan Viewing
Camera and viewing adalah Cara mengatur pandangan objek 2D maupun 3D dan mengontrol pergerakan kamera.
Parallel Projection Syntax
·      gluOrtho2D (0,400,0,300);
Mendefinisikan besarnya sistem koordinat 2D : dengan range sumbu x adalah [0,400] dan range untuk sumbu y adalah 0,300]
BAB III
PEMBAHASAN
3.1.       Fungsi Dasar Pembentuk Objek

3.1.1     Membuat langit
           point2D_t langit[4]={{0,0},{400,0},{400,300},{0,300}};
           color_t wLangit[4]={{0,1,1},{0,1,1},{0,1,0},{0,1,1}};
           gradatePolygon(langit,wLangit,4);
3.1.2     Program ini untuk membuat objek lingkaran
int i;
const double PI = 3.14;
void lingkaran(int jari2, int jumlah_titik, int x_tengah, int y_tengah) {
    glBegin(GL_POLYGON);
    for (i=0;i<=360;i++){
    float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
    float x=x_tengah+jari2*cos(sudut);
    float y=y_tengah+jari2*sin(sudut);
    glVertex2f(x,y);
    }
    glEnd();
 }
3.1.3     Membuat matahari
           glColor3f(1,1,0);
           lingkaran(35,200,320,240);
3.1.4     Membuat awan
glColor3f(1,1,1);
           lingkaran(20, 200, 40, 218);
           glColor3f(1,1,1);
           lingkaran(25, 200, 82, 234);
           glColor3f(1,1,1);
           lingkaran(19, 200, 120, 220);
           glColor3f(1,1,1);
           lingkaran(20, 200, 82, 209);
           glColor3f(1,1,1);
           lingkaran(15,200, 60, 233);
           glColor3f(1,1,1);
           lingkaran(13, 200, 55, 209);
           glColor3f(1,1,1);
           lingkaran(14, 200, 107, 228);
           glColor3f(1,1,1);
           lingkaran(14, 200, 107, 210);
3.1.5     Membuat laut dan pantai
           point2D_t laut[5]={{0,0},{400,0},{400,55},{300,45},{0,50}};
           color_t wLaut[5]={{0.1,0.5,0.7},{0.5,0.2,0},{0.5,0.2,0},{0,0,1},{0.1,0.5,0.7}};
           gradatePolygon(laut,wLaut,5);
3.1.6     Membuat perahu
//Membuat perahu
             point2D_t perahu[4]={{43,45},{110,45},{123,80},{28,80}};
             color_t wPerahu[4]={{0,0,0},{0,0,0},{0.5,0.2,0},{0.5,0.2,0}};
             gradatePolygon(perahu,wPerahu,4);
//membuat tiang
             point2D_t tiang[4]={{65,80},{67,80},{67,120},{65,120}};
             color_t wTiang[4]={{0,0,0},{0,0,0},{0,0,0},{0,0,0}};
             gradatePolygon(tiang,wTiang,4);
//membuat bendera merah
           point2D_t merah[4]={{67,115},{80,115},{80,120},{67,120}};
           color_t wMerah [4]={{1,0,0},{1,0,0},{1,0,0},{1,0,0}};
           gradatePolygon(merah,wMerah,4);
//membuat bendera putih
            point2D_t putih[4]={{67,110},{80,110},{80,115},{67,115}};
           color_t wPutih [4]={{1,1,1},{1,1,1},{1,1,1},{1,1,1}};
           gradatePolygon(putih,wPutih,4);
3.1.7     Membuat objek rumput laut bergerak
Sebelum menampilakan source code dari rumput, kita harus memasukan struktur datanya terlebuh dahulu
typedef struct {
point2D_t p,p0;
float d,s;
float xa, xb;
} obyek_t;

// Mengacak Posisi awal rumput
    static obyek_t rumput[200];{
    static int tick=0;
    int i;

    if(tick==0){
    for(i=0;i<300;i++){
    rumput[i].p.x=rand()%100;
    rumput[i].p.y=10+rand()%6;
    rumput[i].d=rand()%8+2;
    rumput[i].s=float(rand()%100+1)/500;
    rumput[i].p0=rumput[i].p;
    }
    }
    tick++;
    // Menggoyangkan rumput
    float xa,xb;
    for(i=0;i<700;i++){
    rumput[i].p.x+=rumput[i].s;
    xa=rumput[i].p0.x-5*rumput[i].d;
    xb=rumput[i].p0.x+5*rumput[i].d;
    if((rumput[i].p.x<xa) || (rumput[i].p.x>xb))
    rumput[i].s=-rumput[i].s;
    }

    // Menggambar rumput
    point2D_t p[3];
    color_t cp[3]={{0.1,1,0.3},{0,0.2,0},{0,0.2,0}};
    for(i=0;i<80;i++){
    p[0].x=rumput[i].p.x;
    p[0].y=rumput[i].p.y;
    p[1].x=rumput[i].p0.x-rumput[i].d;
    p[1].y=0;
    p[2].x=rumput[i].p0.x+rumput[i].d;
    p[2].y=0;
    gradatePolygon(p,cp,3);
    }
    }

3.1.8     Membuat efek air
           float xp,yp,dx;
           setColor(1,1,1);
           for(int i=1;i<20;i++){
           xp=250*(float)rand()/RAND_MAX-10;
        yp=55*(float)rand()/RAND_MAX-10;
        dx=10+20*(float)rand()/RAND_MAX;
        drawLine(xp,yp,xp+dx,yp); 
 }






3.2.       Tampilan Objek

3.2.1. Tampilan 2 dimensi suasana pantai



BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1.       Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pembuatan animasi Suasana Laut diatas menggunakan OpenGL ini dalam dapat disimpulkan :
1.        Merepresentasikan gambar 2D pada animasi Suasana Laut yang telah dibuat.
2.        Dengan menggunakan OpenGL ini terlihat jelas seperti apa tekstur-tekstur yang dihasilkan.
3.    Mengembangkan komputer grafik mempunyai arti yang lebih dan mampu meningkatkan kemampuan dalam menentukan titik.
4.2.       Saran
1.   Sebelum memulai coding, buatlah dulu sketsa gambar apa yang akan dibuat, karena itu akan memudahkan dalam proses pembuatan.
2.     Telitilah dalam menentukan titik.


89 comments:

  1. bagi source kodenya gan.
    kirim ke emailku djemzmwb@gmail.com
    thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan. saya juga boleh minta sourc code nya gak ? kirim ke email ku rosyidah_wildania@yahoo.com

      Delete
    2. gan saya juga boleh mnta sourc codenya email >> rachimabdur97@gmail.com

      Delete
    3. bagi source kode dong
      penting ini makasih
      rioardianap7@gmail.com

      Delete
    4. mau source kode ya dong
      anggianggraini7238@gmail.com

      Delete
    5. Gan kirim ke saya dong source code nya andikaputra141197@gmail.com :)

      Delete
    6. bagi juga dong source kodenya kirim ke email ku luthfiafahamidan22@gmail.com

      Delete
  2. bagi sorce codenya juga gan, ini email ku sarohasitumorang44@gmail.com

    ReplyDelete
  3. tolong minta sourc codenya pillss gann, adipurnama53@gmail.com

    ReplyDelete
  4. bagi source kodenya gan.
    kirim ke emailku sayyidluthfisani@gmail.com
    thanks :)

    ReplyDelete
  5. gan bisa minta source kode nya?
    tolongkirim ke email staydi65@gmail.com
    terimakasih.

    ReplyDelete
  6. bagi source kodenya gan, kirim ke maffandi07@gmail.com
    thanks gan:)

    ReplyDelete
  7. bagi source kodenya dong.
    kirim ke emailku elyzabet.beau@gmail.com
    thanks :)

    ReplyDelete
  8. bagi sourcodenya, please.
    lagi ada tugas. kirim email yaa ernitamooi@gmail.com
    makasih:)

    ReplyDelete
  9. bagi sourcodenya dong
    kirim email yaa endangfitrianingsih330@gmail.com

    ReplyDelete
  10. minta source code nya om
    kensatsu.matsu@gmail.com

    ReplyDelete
  11. boleh minta source codenya ??
    ini email saya ema.agasta@gmail.com

    ReplyDelete
  12. gan boleh minta source kodenya ..
    kirim ke emailku ya kazamaIDR44@gmail.com

    ReplyDelete
  13. gan boleh minta source kodenya ..
    kirim ke emailku ya riskaoktawahyuni@ymail.com

    ReplyDelete
  14. bagi source kodenya mas
    kirim ke email sy dyuananta@yahoo.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  15. bagi source code nya gan kirim ke fakhrizal35@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  16. bagi source code nya gan kirim ke fakhrizal35@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  17. bagi source code nya gan sonyamin58@gmail.com

    ReplyDelete
  18. boleh bagi source code nya gan? kirim ke diandyani@gmail.com .terimakasih

    ReplyDelete
  19. boleh bagi source code nya gan? kirim ke mahmud.althaf@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  20. boleh bagi source code nya gan? kirim ke skylove101222@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  21. boleh minta source kodenya ga gan ? kirim ke creaty2014@gmail.com ya kalo boleh, terimakasih

    ReplyDelete
  22. Minta source kodenya donk k email cahyanti66@yahoo.com

    ReplyDelete
  23. kang boleh minta source kodenya? kalau boleh kirim ke email saya yaa.. kresnashakar@gmail.com
    makasih ya kang...

    ReplyDelete
  24. Bg blh minta kodingnya? Krm ke email
    triariyustika@yahoo.co.id
    Mksh sblmnya

    ReplyDelete
  25. gan bagi sourccodenya
    nartamarvi@gmail.com

    ReplyDelete
  26. gan bagi codingnya..
    monstrologist21@gmail.com

    ReplyDelete
  27. oke punya, mantap.
    Gan..boleh minta dikirim codingnya prasetyomath@gmail.com
    thanks sebelumnya gan

    ReplyDelete
  28. gan boleh minta??hehehe
    kalau boleh kirim ke indevamaever@gmail.com ya gan

    ReplyDelete
  29. Bagi source code gan, kalau boleh kirim ke maxwelmunthe@gmail.com ya gan

    ReplyDelete
  30. boleh minta source codenya? kirim ke waynewazaa@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Bagi source code gan, kalau boleh kirim ke Andi.sitanggang7@gmail.com ya gan

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. gan. saya juga boleh minta source code nya gak ? kirim ke email ku rosyidah_wildania@yahoo.com

    ReplyDelete
  34. boleh minta source code nya gak?tolong kirim ke email saya ya leonigratia@yahoo.com

    ReplyDelete
  35. gun bagi source kodenya bleh kah ??
    kirim ke email ku yak dzulmywahyudy@gmail.com

    trimaksih atas ilmunya

    ReplyDelete
  36. ikut nimbrung mhanx, berguna sangat (y) boleh lah source code nya di dummymy@yandex.com thx

    ReplyDelete
  37. minta kdinganya rezap3069@gmail.com

    ReplyDelete
  38. boleh minta kodingannya kak? buat belajar :) ke emailku widyaharuna@gmail.com

    ReplyDelete
  39. blh mnta kodenya juga gk sis .. ini emailnya nurapriliza@gmail.com

    ReplyDelete
  40. kak boleh minta source codenya yaa... buat belajar sangat membantu
    ke emailku "suryantierpeel@gmail.com"
    makasih banyak kak, maaf ngrepotin :D

    ReplyDelete
  41. boleh minta source codenya juga gak? ke normalitasari7@gmail.com terimakasih :)

    ReplyDelete
  42. gan lihat source nya gdriveok@gmail.com

    ReplyDelete
  43. minta source code nya dong kirim ke email ya, makasih om

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. gan boleh minta source codenya ? ke mbps2705@gmail.com
    makasih gan

    ReplyDelete
  46. boleh minta source codenya ? ke hegwe.blogger@gmail.com
    makasih

    ReplyDelete
  47. mau juga dong kak fbadriyah07@gmail.com

    ReplyDelete
  48. bagi source codenya gan kirim ke email saya
    wahyuutama663@gmail.com

    ReplyDelete
  49. bagi source code nya dong gan
    usuirizky@gmail.com

    ReplyDelete
  50. Gan izin minta source code untuk tugas kampus ya.. ini email saya fiastocool21@gmail.com

    ReplyDelete
  51. bagi source codenya gan kirim ke email saya
    ekypambudi86@gmail.com

    ReplyDelete
  52. gan minta source kodenya dong ke febriwijaya0298@gmail.com

    ReplyDelete
  53. bagi source codenya gan kirim ke email saya
    yasirnasti0396@gmail.com

    ReplyDelete
  54. bagi source codenya gan kirim ke email saya
    iqbaalra22@gmail.com

    ReplyDelete
  55. bagi source code nya gan kirim ke fatimahimah101098@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  56. bagi siource codenya gan :) kirim ke email nurulhayati133.nh@gmail.com

    ReplyDelete
  57. ka bisa bagi source codenya ke raditafebriani1@gmail.com makasi ka sebelumnya butuh bgt :(

    ReplyDelete
  58. kak bis bagi source codenya ngak,, kirim aja ke email aku fitrianisatija932@gmil.com, terima ksih seblhmnya kak

    ReplyDelete
  59. Bisa minta source codenya kak buat tugas kuliah

    ReplyDelete
  60. minta source codenya gan kirim ke : sandiwandri@gmail.com

    ReplyDelete
  61. minta source codenya gan kirim ke : yanuarmilian@gmail.com

    ReplyDelete
  62. Minta source codenya dong meiliana755@gmail.com

    ReplyDelete
  63. bagi source codenya dong mas :( ke adnanbuyungg102@gmail.com

    ReplyDelete
  64. bagi juga dong source kodenya kirim ke email ku riski.n.persija@gmail.com

    ReplyDelete
  65. bagi source codenya gan kirim ke suzzans09@gmail.com makasih

    ReplyDelete
  66. boleh minta source code nya kirim ke email gan wanardian02@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Kak bagi source code nya dong klo bolh... Maulanasinggih39
    @gmail.com
    Mkasih k wkwk

    ReplyDelete
  68. Boleh minta source code nya gan? Ini email saya afmahrus99@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  69. bagi source kodenya gan.
    kirim ke emailku rahmyvall@gmail.com
    thanks :)

    ReplyDelete
  70. Minta soucode nya kam kirim ke fariqmaulana.98@gmail.com

    ReplyDelete
  71. bagi source kodenya gan.
    kirim ke emailku takbiraidiladhar@gmail.com

    ReplyDelete
  72. Boleh minta source code nya gan? Ini emailku elearning531@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  73. gan boleh minta source code email saya yudipunk777@gmail.com

    ReplyDelete
  74. boleh minta source code nya gan?email saya mayangsa1605@gmail.com

    ReplyDelete
  75. boleh minta source code nya gan?email saya ertoello17fx@gmail.com

    ReplyDelete